Computer Ciber: Mengenal Perintah, Menu dan Icon pada Sistem Operasi Berbasis CUI dan GUI

Page

Mengenal Perintah, Menu dan Icon pada Sistem Operasi Berbasis CUI dan GUI

Pengoperasian sistem operasi tidak akan pernah lepas dari penggunaan perintah-perintah oleh pengguna kepada sistem komputer. Pemberian perintah pada sistem operasi berbasis CUI dilakukan dengan memberikan command/perintah secara langsung ke sistem menggunakan baris perintah/command line. Sedangkan pada sistem operasi berbasis GUI, pemberian perintah ke sistem komputer dilakukan melalui pemilihan menu dan icon yang terdapat dalam desktop.
Menu merupakan pilihan-pilihan (option) yang terdapat dalam sebuah window/jendela program aplikasi. Dengan memilih menu dan menjalankannya, berarti seseorang telah memberikan perintah yang telah diasosiasikan pada menu tersebut untuk dijalankan oleh sistem operasi. Icon merupakan simbol atau gambar-gambar kecil yang terdapat pada desktop yang digunakan sebagai jalan pintas (shortcut) untuk menjalankan sebuah program aplikasi tertentu.
Perintah-Perintah Dasar pada MSDOS
Perintah/command dalam MSDOS dibedakan menjadi 2 kelompok, yaitu internal command, adalah perintah-perintah yang tidak lagi membutuhkan file khusus, karena semua instruksi internal sudah ditampung dalam file command.com dan external command, adalah perintah yang masih memerlukan file lain dalam pelaksanaan instruksinya. Berikut ini beberapa perintah dasar dalam MSDOS :

Tabel 1. Perintah-perintah Dasar Sistem Operasi Berbasis GUI.

Perintah-perintah dalam sistem operasi berbasis CUI termasuk MSDOS hanya dapat digunakan untuk menjalankan program-program aplikasi yang berbasis teks saja. Pekerjaan-pekerjaan dalam sistem operasi seperti konfigurasi sistem, membuat dan meng-edit file/direktori pun dilakukan dalam mode teks.
Berikut ini contoh tampilan teks editor dalam DOS, yang dijalankan dengan perintah edit untuk membuat file baru.

Gambar 1. Teks Editor dalam DOS
Menu dan Icon pada Windows XP
Hampir semua program dan fasilitas yang ada pada Windows XP dijalankan melalui tombol Start yang terletak pada pojok kiri bawah desktop yang biasanya disebut dengan Start Menu. Tampilan Start Menu pada Windows XP ada dua macam yaitu Start Menu versi Classic seperti yang digunakan pada Windows versi–versi sebelumnya dan Start Menu default Windows XP. Untuk memunculkan Start Menu : Klik Start, maka akan muncul tampilan seperti berikut :

Gambar 2. Start Menu.
Untuk menjalankan program aplikasi dalam windows XP dapat dilakukan melalui beberapa cara, antara lain :
1)       Menggunakan Start Menu :
Secara garis besar, menjalankan program aplikasi melalui Start Menu dilakukan dengan prosedur :
a)        Klik Start, pilih submenu All Programs.
b)       Pilih submenu program aplikasi yang diinginkan.
Berikut ini contoh untuk menjalankan program aplikasi teks editor Notepad pada Windows XP melalui Start Menu. Langkah-langkahnya sebagai berikut :
a)        Klik Start, pilih submenu All Programs.
b)       Masuk ke submenu Accecories, pilih dan klik Notepad.

Gambar 3. Teks editor Notepad.


2)       Mengunakan Windows Explorer :
Menjalankan program aplikasi dari windows explorer dilakukan apabila program aplikasi tersebut tidak terdapat dalam Start Menu maupun belum dibuatkan icon dalam desktop. Langkah menjalankan program aplikasi melalui Windows Explorer, adalah:
a)        Jalankan program aplikasi Windows Explorer melalui Start Menu.
b)       Carilah letak program aplikasi yang diinginkan dan jalankan (klik dua kali), tunggu hingga window program aplikasi tersebut ditampilkan.
3)       Menggunakan Icon Shortcut :
Icon shortcut sangat efisien untuk mempersingkat proses menjalankan program yang paling sering digunakan. Untuk menggunakan icon dalam desktop, klik ganda pada icon shortcut program aplikasi yang diinginkan, tunggu hingga window program aplikasi tersebut ditampilkan dalam desktop.
Langkah-langkah untuk membuat icon shortcut di desktop :
a)        Pilih submenu program aplikasi yang diinginkan melalui Start Menu, kemudian klik kanan.
b)       Kemudian akan muncul submenu baru, pilih Send To.
c)     Klik pada submenu Desktop (create shotcut), maka icon shortcut program aplikasi tersebut akan muncul di desktop.

Gambar 4. Membuat icon shortcut baru.
Suatu icon shortcut pada desktop, apabila sudah jarang dipakai, dapat dihapus dari desktop. Untuk menghapusnya, sorot icon yang akan dihapus, kemudian tekan DEL pada keyboard.
4)       Menggunakan Qick Launch :
Selain icon yang terdapat pada desktop, icon shortcut ke program aplikasi juga terdapat pada Taskbar, yang disebut Quick Launch. Apabila Quick Launch pada Taskbar ini belum aktif, aktifkan dengan meng-klik kanan Taskbar yang akan diikuti dengan munculnya submenu baru, pilih Toolbars kemudian aktifkan pilihan Quick Launch. Lebih jelasnya, lihat gambar berikut ini :
Gambar 5. Quick Launch.
5)       Mengakhiri Program Aplikasi
Untuk mengakhiri program aplikasi ada berbagai macam cara, diantaranya adalah :
a)        Klik tombol close (X) pada pojok kanan atas window.
b)       Pada baris menu pilih File à Close/Exit.
c)        Menggunakan kombinasi tombol ALT+F4 pada keyboard.
c.    Rangkuman 2
Terdapat berbagai macam cara dan langkah untuk memberikan perintah kepada sistem komputer melalui sistem operasi yang digunakan. Pada sistem operasi berbasis CUI, perintah diberikan dengan mengetikkan baris-baris perintah pada prompt.
Pada sistem operasi berbasis GUI, perintah-perintah kepada sistem komputer dilakukan dengan memilih menu/icon, menu/icon. Pada Windows XP, menu dan icon yang dapat digunakan untuk menjalankan program aplikasi dibedakan menjadi beberapa jenis, diantaranya : menu dalam Start Menu, Icon shortcut pada desktop maupun icon shortcut pada Quick Launch.

No comments:

Post a Comment

Alexa Page Rank

;