Computer Ciber: Identifikasi Jenis-Jenis Software Aplikasi

Page

Identifikasi Jenis-Jenis Software Aplikasi

Komponen perangkat lunak (software) merupakan program-program yang nantinya akan terinstal pada komputer sehingga membuat perangkat komputer bisa hidup dan dipakai bekerja
Komponen-komponen software yang dibutuhkan oleh komputer adalah:
1)   Sistem Operasi
Sistem operasi merupakan software yang pertama kali akan dibaca oleh komputer pada saat booting sebagai dasar pengoperasian komputer. Macam-macam sistem operasi antara lain adalah: DOS, WINDOWS, LINUX, NOVELL,  SUNSOFT dan sebagainya.

2)   Program Bantu dan Program Tambahan
Program bantu (utility) merupakan program yang digunakan untuk mengisi kekurangan atau menampilkan kembali file suatu sistem operasi yang terhapus. PC Tools dan Norton Utilities merupakan contoh dari program ini.
Salah satu kelemahan DOS adalah tidak mampu bekerja di sistem jaringan. Oleh karena itu beberapa perusahaan membuat program tambahan yang dapat mengubah sistem DOS tersebut (single user atau stand alone system) menjadi sistem operasi yang dapat digunakan oleh banyak pemakai (multiuser). Netware, Token Ring dan Lantastic merupakan contoh-contoh program ini.
3)   Bahasa Komputer (computer language)
Computer language merupakan bahasa yang digunakan untuk membuat program komputer. Disebut bahasa karena computer language memiliki kosa kata dan tata bahasa yang harus ditaati oleh pemakainya. 
Yang termasuk dalam jenis ini adalah :
a.    Low Level Language, merupakan bahasa tingkat rendah karena sulit dipahami dan hanya dapat dimengerti oleh pembuatnya. Yang termasuk program ini adalah bahasa mesin dan assembly language.
b.    High Level Language, merupakan bahasa tingkat tinggi karena menggunakan kata-kata yang mudah dimengerti. Contoh dari program ini adalah BASIC, PASCAL, FORTRAN, dan sebagainya.
4)   Program Aplikasi
Program aplikasi merupakan perangkat lunak siap pakai yang nantinya akan digunakan untuk membantu melaksanakan pekerjaan penggunanya. Aplikasi ini disiapkan sesuai kebutuhan.  Program aplikasi dapat dibedakan lagi menjadi :
a)    Word Processing
Word processing adalah program yang dapat dipakai untuk menyunting naskah. Contoh : Microsoft Word, Lotus Ami Pro dan WordPerfect dan sebagainya.


Gambar 1. Microsoft Word, Lotus Ami Pro, dan Word Perfect adalah Program Pengolah Kata yang Populer Saat Ini
b)   Desktop publishing
Merupakan program yang mengatur tata letak cetakan pada suatu naskah sehingga siap untuk dicetak. Contoh : Ventura Publisher, Page Maker dan sebagainya.
c)    Program Spreadsheet
Merupakan program yang digunakan untuk mengolah data secara berkolom. Contoh : Microsoft Excell, Lotus Improv dan sebagainya.
Gambar 2. Program Spreadsheet Microsoft Excel
d)   Database Management System
Salah satu kegunaan komputer di dalam organisasi adalah untuk menyimpan data dalam jumlah besar. Dari data ini dapat dihasilkan berbagai informasi. Untuk menyimpan, mengolah data, dan kemudian menghasilkan informasi, diperlukan program yang disebut dengan program database management system (disingkat DBMS) dan sering disebut dengan program database saja.
Contoh : Paradox, FoxPro, Microsoft Access, Approach, dan sebagainya.
 
Gambar 3. Program Database Paradox
e)    Graphics
Salah satu kebutuhan pengguna adalah membuat gambar. Untuk itu ia bisa menggunakan program yang khusus digunakan untuk membuat gambar atau graphics. Seseorang yang tidak pintar menggambar dengan tangan, dapat membuat gambar yang bagus di komputer, karena gambar di komputer mudah diubah dan diolah.
Contoh: Corel Draw, Stanford Graphics, Visio dan sebagainya.


Gambar 4. Pogram Gambar Buatan Logitech, Dapat Digunakan untuk Menyunting Foto


Gambar 5. Program Freelance Graphics Sangat Mudah Digunakan untuk Membuat Presentasi
f)     Program Akuntansi
Aplikasi yang juga banyak dipakai dalam dunia bisnis adalah aplikasi yang berhubungan dengan keuangan dan akuntansi.
Contoh: DacEasy Accounting, Pacioli 2000, PeachTree Accounting dan sebagainya.

Gambar 6. Program Akuntansi Peachtree Accounting
g)   Program Statistik
Program statistik merupakan program yang digunakan untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan analisis statistik.
Contoh: SAS, SPSS, Statistica dan sebagainya.

Gambar 7. Program Mathcad adalah Program Komputer untuk
                    Matematika dan Statistika


Gambar 8.   Program Mathtype Digunakan untuk Menulis Rumus
                 Matematika dan Statistika. Rumus Dapat Digabung
           dengan Program Pengolah Kata yang Lain

h)   Communication
Communication merupakan program yang digunakan untuk berkomunikasi dengan pemakai komputer lain.
Contoh : Carbon Copy, DataFax, ProComm Plus, CrossTalk dan sebagainya.


Gambar 9. Program Komunikasi Carbon Copy dan Program Data Fax
i)     Multimedia
Multimedia merupakan software yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan peralatan multimedia seperti kamera video, kamera digital, video player, dan lain-lain.
Contoh : Microsoft Video


Gambar 10. Microsoft Video, Salah Satu Program Multimedia


Gambar 11. Komputer yang Siap Digunakan untuk Perangkat Multimedia

j)     Game
Game merupakan program untuk permainan.
Contoh : Flight Simulator, Baseball, Prince of Persia dan sebagainya.
Gambar 12. Program permainan Flight Simulator dan Baseball
k)    Antivirus
Antivirus merupakan program yang digunakan untuk mendeteksi dan menghilangkan virus yang tertular pada komputer yang sedang dipakai.
Contoh: McAfee VirusScan, Norton Antivirus, AVG dan sebagainya.
Supaya suatu software dapat digunakan di dalam komputer, maka software-software tersebut harus diinstal terlebih dahulu.
Metode Instalasi software :
1)   Langsung dari CD program
CD dimana software yang dikehendaki ada, dimasukkan dalam CD ROM. Kemudian ikuti langkah-langkah instalasi software.
2)   Melalui Hard Disk, file-file dalam CD program di-copy terlebih dahulu ke Hard Disk, kemudian perintah instalasi dijalankan melalui Hard Disk.
b.   Rangkuman 1
Memahami jenis-jenis software merupakan hal yang harus diketahui karena sebelum kita menginstalasi suatu software, maka kita harus tahu software yang akan kita instal tersebut termasuk jenis yang mana. Sehingga kita tidak dapat meminimalisir kesalahan yang mungkin terjadi. Memahami metode dan teknis menginstalasi software juga perlu kita lakukan, supaya kita tidak perlu banyak bertanya dan kebingungan pada saat melakukan instalasi suatu software.

No comments:

Post a Comment

Alexa Page Rank

;